Ciri Ciri Septic Tank Penuh

Septic tank merupakan salah satu bagian terpenting dalam sistem pembuangan. Meski memiliki fungsi yang cukup penting, namun apakah kamu tahu tentang ciri ciri septic tank penuh?

Mengetahui tanda-tanda septic tank penuh adalah suatu hal yang harus kamu ketahui agar nantinya kamu bisa melakukan bagaimana cara menanganinya.

Sementara untuk ciri-ciri septic tank yang sudah tidak dapat menampung kotoran pun terbilang sangat mudah untuk dikenali bahkan untuk sekelas anak kecil pun dapat mudah mengenali ciri-cirinya.

Ciri Ciri Septic Tank Penuh

Ciri Septic Tank Penuh
Sumber Gambar: sedotwcmurahjatim.com

Meski tidak akan rusak walau termakan usia, namun tempat yang berfungsi sebagai wadah pembuangan dan pengolahan limbah manusia ini suatu saat akan menemui titik di mana septic tank sudah tidak bisa lagi menampung kotoran.

Mungkin jika sistem pengolahan limbah di dalamnya baik, maka masalah septic tank penuh dapat memerlukan waktu yang cukup lama. Akan tetapi jika sistem pengolahan limbahnya tidak berjalan dengan baik, maka kapasitasnya akan lebih cepat penuh.

Sementara itu, septic tank yang sudah terisi penuh oleh kotoran ini nantinya akan memberikan tanda-tanda. Nah, jika tanda-tandanya sudah muncul, maka jalan satu-satunya yang dapat kamu lakukan adalah dengan menyedot kotoran yang ada di dalam septic tank.

Kamu tentu penasaran dengan tanda atau ciri ciri septic tank penuh, bukan? Nah untuk itu, pada pembahasan kali ini, dekorunik akan menjelaskan mengenai empat ciri ciri septic tank penuh. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

A. Muncul Bau Tidak Sedap

Ciri Septic Tank Penuh
Sumber Gambar: www.jualrumahjakarta.com

Bisa dibilang, salah satu ciri utama dari septic tank penuh karena sudah tidak dapat lagi menampung kotoran adalah mengeluarkan bau yang tidak sedap dari pipa saluran ventilasi udara.

Selain itu, pipa ventilasi udara ini juga berfungsi untuk memberikan ruang oksigen yang diperlukan oleh bakteri pengurai agar dapat berkembang biak serta berfungsi sebagai jalan untuk mengeluarkan sisa pengolahan limbah yang telah berbentuk gas.

Jika kamu mencium bau tidak sedap yang sangat menyengat ini berasal dari lubang ventilasi udara septic tank, maka bisa dipastikan ini merupakan ciri dari septic tank yang sudah berisi kotoran terlalu banyak.

Adapun hal yang perlu kamu lakukan adalah memanggil jasa tukang sedot WC yang telah profesional dalam mengatasi permasalahan tersebut.

B. Saluran Air Lambat

Ciri Septic Tank Penuh
Sumber Gambar: fastprint.co.id

Saluran air lambat juga bisa menjadi ciri bahwa septic tank penuh. Terlebih lagi jika kamu telah melakukan berbagai cara sebagai usaha dalam mengatasi WC mampet menggunakan garam, soda api, dan lainnya namun kondisi air tetap tidak juga lancar, maka hal tersebut sudah menandakan bahwa septic tank telah penuh.

C. Air Menyusut

Ciri Septic Tank Penuh
Sumber Gambar: Ciri Septic Tank Penuh

Adanya air pada mangkuk kloset juga dapat menjadi tanda bahwa septic tank dalam keadaan baik-baik saja. Untuk mengetesnya, kamu bisa menyiram kloset menggunakan seember air.

Perhatikan wadah air yang ada di bagian dalam kloset tersebut, jika terjadi perubahan air yang ada pada mangkuk kloset atau air menyusut secara perlahan, maka bisa dipastikan bahwa septic tank sudah terisi penuh oleh kotoran.

Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu memanggil jasa sedot WC yang ada di kotamu agar masalah septic tank penuh dapat segera teratasi.

D. Ada Kotoran yang Muncul dari dalam Kloset

Ciri Septic Tank Penuh
Sumber Gambar: sedotwcblitar.com

Ketika saat selesai BAB kamu merasa telah menyiram kotorannya dengan benar namun setelah disiram masih terdapat kotoran yang tersisa di dalam WC jongkok, maka kamu perlu mengetahui penyebabnya. Beberapa penyebab akibat dari hal tersebut adalah karena WC mampet dan septic tank penuh.

Untuk langkah awal, cobalah untuk melakukan cara mengatasi WC jongkok mampet, barangkali ada benda yang membuat saluran pipa pada WC jongkok tersumbat.

Akan tetapi jika kamu telah melakukan hal tersebut namun masih ada saja kotoran yang tersisa meskipun kamu telah menyiram menggunakan air yang cukup banyak, maka bisa dipastikan bahwa permasalahannya adalah berasal dari septic tank yang penuh.

Kotoran yang masih tersisa di dalam kloset ini sudah pasti berasal dari dalam septic tank yang kembali meluap naik akibat sudah tidak ada lagi tempat untuk menampung tinja.

Hal yang Dapat dilakukan untuk Memperlambat Septic Tank Penuh

Ciri Septic Tank Penuh
Sumber Gambar: arafuru.com

Sebenarnya terdapat empat cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi atau mencegah septic tank agar tidak penuh dengan cepat. Keempat cara yang dimaksud adalah:

A. Menggunakan Obat Penumbuh Bakteri

Ciri Septic Tank Penuh
Sumber Gambar: gajahmadastore.id

Memberikan obat penumbuh bakteri ke dalam septic tank berguna untuk membuat kotoran di dalamnya dapat terurai lebih cepat. Maka dengan kamu memberikan obat penumbuh bakteri ini, septic tank yang kamu miliki akan penuh dalam waktu lama.

Adapun dalam menggunakan obat penumbuh bakteri untuk septic tank ini, sebaiknya kamu membaca aturan pemakaiannya terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

B. Menggunakan Soda Api

Ciri Septic Tank Penuh
Sumber Gambar: www.static-src.com

Natrium hidroksida atau soda api juga dipercaya mampu mengatasi septic tank agar tidak mudah penuh. Soda api ini nantinya dapat bereaksi menghasilkan gelembung-gelembung yang dapat membantu proses penghancuran kotoran.

Nantinya kotoran yang telah hancur ini akan lebih mudah terurai. Selain mudah di dapatkan, penggunaan soda api untuk mengatasi septic tank penuh juga terbilang mudah dan aman karena tidak merusak kloset.

C. Menggunakan Cairan Anti Sumbat

Ciri Septic Tank Penuh
Sumber Gambar: i.ytimg.com

Cairan anti sumbat juga dapat menjadi alternatif untuk memperlambat septic tank agar tidak cepat penuh. Untuk cara penggunaannya juga mudah, yaitu kamu hanya perlu menyiramkan cairan/obat anti sumbat pada lubang kloset, kemudian tunggu sekitar 15 menit lalu siram dengan air biasa.

D. Menggunakan Jasa Sedot WC

Ciri Septic Tank Penuh
Sumber Gambar: fortunawcbekasi.blogspot.com

Jika kamu takut menggunakan cairan-cairan di atas untuk memperlambat septic tank agar tidak mudah penuh, maka kamu dapat memanggil jasa tukang sedot WC. Dengan adanya jasa ini, kamu tidak perlu susah-susah melakukan sesuatu pada kloset atau septic tank di rumahmu.

Memanggil jasa tukang sedot WC berarti kamu harus mengeluarkan biaya lebih, namun hal ini bukan masalah yang cukup berarti karena nantinya kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, itulah pembahasan mengenai ciri ciri septic tank penuh lengkap dengan cara mengatasi atau memperlambat agar septic tank di rumahmu tidak cepat penuh. Sangat bermanfaat bukan informasi menarik ini? Jangan lupa bagikan informasi menarik ini kepada teman-teman di sosial mediamu ya!