Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet

Adanya WC jongkok mampet merupakan masalah besar yang kerap menghantui pemilik rumah. Maka tak heran jika hal tersebut terjadi, sebagian dari kita sibuk mencari cara mengatasi WC jongkok mampet agar WC yang ada di rumah kita dapat berfungsi kembali secara maksimal.

Tentu terdapat banyak faktor yang menyebabkan WC jongkok mampet, seperti misalnya karena kebiasaan buruk sering membuang sampah ke dalam WC jongkok.

Adapun jika hal tersebut terjadi di rumah kita, maka kita dapat menggunakan cara mudah yang terkenal ampuh untuk mengatasi masalah tersebut lho!

Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet

Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet
Sumber Gambar: pelayanansedotlimbah.com

Selain mudah, untuk mengatasi WC jongkok yang mampet, kita juga dapat memanfaatkan bahan atau benda-benda yang ada di sekitar kita. Lantas bahan atau benda-benda apa saja yang dapat mengatasi permasalahan tersebut? Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

A. Menggunakan Sabun Cuci Piring dan Air Panas

Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet
Sumber Gambar: www.cleanipedia.com

Cara pertama untuk mengatasi WC jongkok mampet adalah dengan menggunakan sabun pencuci piring dan air panas. Sama seperti yang telah dibahas pada cara mengatasi WC mampet dengan Sunlight, untuk membuat WC yang tadinya mampet agar kembali normal juga dapat dibilang cukup mudah.

Kita hanya perlu menyiapkan satu cangkir sabun pencuci piring cair, air panas, dan handuk. Setelah bahan-bahan tersebut disiapkan, langkah pertama adalah dengan meletakkan handuk di lantai sekitar WC. Tujuannya adalah untuk melindungi lantai dari tumpahan air WC.

Langkah selanjutnya adalah masukkan sabun pencuci piring ke dalam WC jongkok, diamkan sampai sabun mengendap. Sabun ini berfungsi untuk melicinkan pipa saluran WC agar benda yang menyumbat saluran pembuangan pada WC dapat mengalir ke dalam septic tank dengan mudah.

Jika sabun pencuci piring telah mengendap, selanjutnya adalah menuangkan air panas ke dalam WC jongkok. Diamkan sekitar 20 menit agar kedua bahan tersebut bereaksi. Setelah 20 menit, siram WC menggunakan air biasa untuk mengecek apakah WC masih mampet atau tidak.

Nah, jika langkah tersebut telah kita lakukan dengan benar namun WC masih tetap saja mampet, maka kita perlu melakukannya kembali secara berulang sampai WC dapat berfungsi kembali dengan normal.

B. Menggunakan Baking Soda dan Cuka

Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet
Sumber Gambar: www.honestdocs.id

Selain menggunakan sabun pencuci piring dan air panas, untuk mengatasi WC jongkok mampet juga dapat dilakukan dengan campuran baking soda dan cuka.

Seperti yang telah kita ketahui, baking soda sendiri merupakan bahan dapur yang terkenal ampuh untuk mengatasi berbagai macam permasalahan hunian, salah satunya untuk mengatasi WC mampet.

Sama seperti halnya menggunakan sabun cuci piring, trik mengatasi WC mampet menggunakan baking soda ini juga terbilang cukup mudah, yaitu kita hanya perlu menebarkan kira-kira secangkir baking soda ke permukaan WC.

Tunggu hingga mengendap. Setelah mengendap, tuangkan dua cangkir cuka. Perhatikan juga cara menuangkan cukanya, yaitu dengan gerakan memutar agar cuka tersebar secara merata.

Kedua bahan ini nantinya akan menghasilkan reaksi berupa gelembung-gelembung. Pastikan agar gelembung-gelembung tersebut tidak meluber keluar dari WC jongkok.

Selang waktu sekitar sejam, kita perlu menyiram WC dengan air biasa. Akan tetapi jika WC masih mampet, maka kita perlu melakukan kembali cara tersebut namun dengan menambah takaran baking soda dan cuka lebih banyak dari takaran sebelumnya.

Diamkan selama semalaman untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Maka keesokan harinya kita akan mendapati WC jongkok yang sudah tidak lagi mampet.

C. Menggunakan Gantungan Baju Kawat

Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet
Sumber Gambar: www.static-src.com

Selain berguna untuk menggantung baju, hanger juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi WC yang tersumbat. Dalam hal ini, hanya gantungan baju kawat saja yang dapat digunakan serta yang menjadi penyebab WC jongkok mampet tidak jauh dari corong WC.

Tips cara melakukannya adalah dengan memotong kawat hanger agar menjadi lurus. Setelah dipotong, bungkus bagian ujung kawat yang tajam menggunakan kain perca dan selotip. Tujuannya adalah agar permukaan WC jongkok tidak rusak.

Masukkan ujung gantungan baju yang lancip ke dalam WC jongkok. Ini dilakukan untuk mendorong benda/kotoran yang menghalangi aliran air agar dapat masuk ke dalam septic tank.

Jika cara ini berhasil, maka akan ditandai dengan menyusutnya air yang ada di dalam WC jongkok. Untuk memastikannya, sebaiknya siram WC menggunakan air biasa agar kita semakin yakin bahwa cara tersebut di atas memang telah berhasil untuk mengatasi WC mampet.

D. Menggunakan Botol Bekas

Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet
Sumber Gambar: photo.jpnn.com

Siapa sangka bahwa botol plastik bekas juga dapat menjadi alternatif untuk mengatasi WC jongkok yang tersumbat lho! Di samping tidak memerlukan biaya, menggunakan botol bekas untuk mengatasi WC mampet juga terbilang mudah.

Mula-mula kita menyiapkan botol plastik, kemudian potong sekitar 10 cm di bagian dekat dengan mulut botol. Selanjutnya masukkan ujung botol yang telah dipotong tadi ke dalam lubang WC.

Tekan lubang WC menggunakan botol tersebut agar benda yang menyumbat WC dapat terdorong masuk ke saluran septic tank. Sesekali untuk menyiram lubang WC dengan air biasa agar kita tahu apakah WC sudah normal atau masih mampet.

Sekiranya WC masih tetap mampet, maka kita perlu melakukan cara tersebut secara berulang agar saluran pada WC benar-benar tidak tersumbat kembali.

E. Menggunakan Penyedot Khusus WC

Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet
Sumber Gambar: berkeluarga.id

Ketika kita telah menggunakan bahan-bahan tersebut di atas namun WC jongkok di rumah kita masih tetap tersumbat, maka kita perlu mencoba mengatasi masalah tersebut menggunakan alat penyedot khusus WC, yaitu pluger.

Pluger merupakan alat yang dirancang khusus untuk menyedot WC mampet. Dalam menggunakan alat ini juga terbilang cukup praktis dan mudah di mana kita hanya perlu memasang pluger pada lubang WC, kemudian tarik alatnya.

Penyebab WC Jongkok Mampet

Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet
Sumber Gambar: tekape.co

Faktor utama penyebab WC mampet tidak lain adalah karena kebiasaan membuang sampah ke dalam WC jongkok. Sampah-sampah yang dimaksud adalah tisu, puntung rokok, plastik, popok bayi, tusuk gigi, dan lainnya.

Sehingga untuk menghindari permasalahan tersebut terjadi, maka biasakan untuk tidak membuang sampah dalam bentuk apa pun ke dalam WC. Kita bisa menyediakan tempat sampah khusus di sekitar WC/kamar mandi agar tidak membuang sampah ke dalam WC.

Adapun faktor lainnya yang mengakibatkan WC mampet adalah karena septic tank penuh. Untuk yang satu ini, maka jalan satu-satunya agar WC jongkok tidak lagi mampet adalah dengan menggunakan jasa penyedot WC mengingat pekerjaan tersebut diperlukan keahlian dan juga peralatan khusus.

Hal yang Perlu Diperhatikan Pada Saat Mengatasi WC Jongkok Mampet

Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet
Sumber Gambar: www.dekoruma.com

Meski cara mengatasi WC jongkok tersumbat terbilang mudah, namun dalam melakukannya kita perlu memperhatikan hal-hal lain agar tidak menambah masalah baru. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita sedang mengatasi WC jongkok mampet adalah:

A. Hindari Menyiram Air Terlalu Banyak

Banyak yang beranggapan bahwa dengan menyiram air sebanyak mungkin ke WC mampet akan dapat mengatasi masalah tersebut. Namun faktanya ketika kita menuangkan air yang berlebihan justru akan membuat semua kotoran yang ada di dalam WC akan naik.

Coba bayangkan jika hal itu terjadi, bukannya menyelesaikan masalah tapi malah menambah masalah baru bukan?

B. Menggunakan Sarung Tangan Karet

Kita juga wajib menggunakan sarung tangan karet ketika akan memperbaiki WC yang mampet. Seperti yang diketahui, toilet bukanlah tempat yang sehat karena fungsi utamanya adalah sebagai lokasi pembuangan fases. Sehingga bisa dipastikan banyak patogen/bakteri jahat yang berkembang biak.

Maka dengan menggunakan sarung tangan karet, setidaknya kita telah berusaha mengantisipasi agar tubuh kita khususnya bagian tangan tidak bersentuhan langsung dengan bakteri berbahaya yang terdapat di WC/toilet.

C. Lindungi Lantai

Untuk yang ketiga ini dapat dibilang sepele, namun hal ini nantinya dapat memudahkan kita pada saat pengerjaan WC mampet telah selesai. Dengan meletakkan koran, tisu atau handuk di atas lantai nyatanya dapat menyerap cairan yang meluber dari dalam WC.

Percikan-percikan kecil yang menetes ke lantai setelah kita melakukan cara mengatasi WC jongkok tersumbat akan dapat dengan mudah untuk dibersihkan.

D. Buka Ventilasi Udara

Nah, untuk yang terakhir ini juga penting untuk diperhatikan, yaitu membuka ventilasi udara yang biasanya ada di atas toilet. Ketika kita sedang membetulkan WC yang tersumbat, jangan lupa untuk membuka jendela toilet, ya!

Tujuannya adalah untuk mengurangi bau tak sedap yang ditimbulkan oleh WC mampet. Di samping untuk mengurangi bau tak sedap, membuka ventilasi udara pada toilet juga dapat memproteksi diri kita dari uap beracun yang berasal dari produk kimia yang dipakai untuk mengatasi masalah WC mampet.

Selain keempat cara tersebut, tentunya masih ada cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi  WC mampet. Ya, salah satunya dengan menggunakan garam.

Mengatasi WC mampet dengan garam memang menjadi salah satu cara alternatif yang ampuh untuk menyelesaikan permasalahan WC mampet tanpa memanggil jasa tukang sedot WC.

Nah, demikian cara mengatasi WC jongkok mampet dengan cepat dan mudah. Meski kini kita telah tahu mengenai cara mengatasi WC yang tersumbat, namun alangkah baiknya agar kita tidak membuang sampah ke dalam WC agar masalah tersebut tidak terjadi pada kita.

Tinggalkan komentar