❤️ 21 Contoh Model Ventilasi Kamar Mandi Minimalis Unik

Ventilasi Kamar Mandi Minimalis – Dalam menentukan dekorasi hunian tak hanya interior dan eksterior yang harus di perhatikan tapi juga letak lubang ventilasi. Apalagi ruangan dengan ukuran kecil seperti kamar mandi, Ventilasi Kamar Mandi Minimalis bertujuan agar kamar mandi yang tertutup mendapatkan udara maksimal, sehingga tidak engap terasa.

Gaya hidup sehat bukan hanya di dapat dari pola makan saja. Kebutuhan akan udara di dalam ruangan juga sangat penting, ventilasi udara sangat diperlukan dan harus ada pada setiap tempat tinggal. Sayangnya, beberapa rumah tidak menerapkan ventilasi yang baik sehingga ruangan menjadi pengap dan tak nyaman.

Ventilasi Kamar Mandi Minimalis

ventilasi kamar mandi
Sumber: trendir.com

Kali ini dekorunik akan membahas tentang ventilasi kamar mandi minimalis. Sudah seharusnya sebuah ruang kamar mandi memiliki lubang ventilasi udara. Apalagi untuk kamar mandi yang berukuran minimalis.

Sebuah ventilasi menjadi hal yang wajib ada. Nah, di bawah ini ada banyak contoh bentuk dan model ventilasi kamar mandi yang bisa dijadikan inspirasi. Seperti apa saja bentuknya, cek di bawah ini.

A. Ventilasi Kamar Mandi Minimalis Unik

1. Ventilasi Jendela

ventilasi kamar mandi
Sumber: thenewenglandshuttercompany.com

Ventilasi merupakan proses pertukaran udara dengan cara mengatur agar terjadi pemasukan udara segar ke dalam ruangan dan pembuangan udara yang pengap. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas udara di ruang tersebut. Selain udara ventilasi sekaligus tempat masuknya cahaya.

Pada umumnya ventilasi di buat dengan lubang biasa pada dinding seiring perkembangan jaman banyak variasi ventilasi. Seperti jendela atau lubang dengan variasi batu batu bata dan lainnya. Ada juga yang mengunakan mesin elektronik untuk ruangan kamar andi yang tidak terhubung dengan dinding luar

2. Ventiasi Jelusi

ventilasi kamar mandi
Sumber: archinect.com

Ventilasi jalusi adalah jenis ventilasi dipasang pada jendela horizontal.  Jenis satu ini memiliki banyak keunggulan yang patut untuk jadi ventilasi pilihan. Jalusi memiliki model celah bisa diatur sehingga intensitas cahaya bisa didapat sesuai keinginan. Ventilasi ini juga mampu menyaring udara kotor dengan baik.

Dengan kontrol buka tutup yang mudah, ventilasi jalusi sangat mudah di gunakan menyesuaikan kebutuhan dalam ruangan. Model jalusi juga sangat alami dan dekoratif sehingga bisa membuat tampilan ruangan makin eye-catching. Perpaduan dengan jendela kaca semakin menambah variasi.

3. Ventilasi Berbahan Keramik Dengan Berbagai Bentuk

ventilasi kamar mandi
Sumber: archdaily.com

Selain fungsinya bentuk dan jenis ventilasi juga menjadi pertimbangan. Karena letaknya di kamar mandi yang merupakan ruangan privasi tentunya ingin mempunyai model bagus tanpa bisa di jangkau orang jahil seperti akan mengintip atau mencuri. Ventilasi futuristik modern masa kini banyak di gunakan di kota kota besar saat ini.

Karena konsep minimalis mengurangi penggunaan barang yang tidak perlu. Salah satu cara ini bisa memperindah ruang kamar mandi rumahmu. Bahan yang terbuat dari keramik akan lebih awet dan bersih, selain itu motif nya juga ada juga yang berbentuk bintang dega rongga rongga di tengahnya.

4. Ventilasi Udara dengan Kaca Nako

ventilasi kamar mandi
Sumber: Pinterst.com

Jika kamu bosan dengan model jendela kaca yang itu itu saja, kamu bisa membentuknya dengan variasi ventilasi seperti gambar di atas. Kaca yang di potong kecil kecil sehingga bisa memberikan udara masuk tembus pandang. Konsep seperti ini sudah banyak di gunakan tak heran konsep ini juga bisa masuk di dekorasi ruang kamar mandi rumahmu.

Namun sayangnya penggunaan besi di tengah sebagai pegangan kaca. Terkadang seiring berjala nya waktu jika terkena air terus menerus besi akan berkarat. Hal ini juga yang mengakibatkan roll pembuka yang ada di sampingnya jadi macet. Tetapi jika kamu bisa rajin membersihkannya ventilasi jenis ini juga bisa mempercantik kamar mandi rumahmu.

5. Ventilasi Skylight

ventilasi kamar mandi minimalis
Sumber: lowes.com

Skylight biasa disebut jendela terletak pada da di atap rumah. Jenis ventilasi seperti ini biasanya diletakkan pada rumah dengan atap miring atau atap rendah. Dengan ventilasi bergaya ini, atap makin terlihat artistik. Namun, perlu pemasangan yang tepat agar atap mudah dalam proses penggunaan.

Selain dari gaya terlihat artistik, ventilasi jenis ini juga memberikan pencahayaan di ruangan kamar mandi rumahmu. Agar kamar mandimu cepat kering dan tidak menimbulkan bau, cahaya yang masuk juga akan menghangatkan tubuhmu. Ventilasi udara jenis ini biasanya menggunakan bahan alumunium yang dikombinasikan dengan kaca tempered glass.

B. Ventilasi Kamar Mandi Minimalis Modern

1. Menggunakan Mesin Ventilasi Elektonik

ventilasi kamar mandi
Sumber: kitchensource.com

Tidak perlu khawatir bila ruang kamar mandi kamu berada di tengah ruangan atau tidak bersentuhan langsung dengan dinding luar. Di jaman modern masa kini banyak mesin dengan terobosan membantu memecahkan permasalahan yang kamu alami. Salah satunya adalah van exhaust.

Yang bisa menjadi solusi memecahkan masalah panas, bau, dan debu. Exhaust fan bekerja dengan cara menyedot atau menghisap udara. Setelah menyedot atau menghisap udara di dalam ruangan yang sudah terkontaminasi, alat ini akan mengalirkan udara kotor tersebut dan membuangnya ke luar ruangan.

2. Exhaust Fan Plafon Langit-Langit

ventilasi kamar mandi
Sumber: home-designing.com

Jenis ini cocok dipasang di plafon ruangan yang tidak dilengkapi area terbuka seperti kamar mandi di tengah ruangan rumah. Model exhaust fan satu ini terhubung dengan saluran pembuangan udara yang bisa kamu letakkan di bagian loteng serta pipa sebagai penyalur udara ke luar rumah.

Adapun, exhaust fan yang diinstalasi pada plafon rumah saat ini terdiri dari berbagai macam ukuran kipas dan merek. Mulai dari 8 inci, 10 inci, hingga 12 inci. Sebelum memasangnya, pastikan kamu menyesuaikannya dengan luas ruangan supaya sirkulasi udara bisa berjalan secara maksimal.

3. Memadukan Modern Dan Tradisional

ventilasi kamar mandi
Sumber: themarionhousebook.com

Exhaust fan adalah solusi Ventilasi Kamar Mandi Minimalis yang ada di rumahmu. Dengan ukuran yang kecil tapi sangat membantu memecahkan solusi jika kamar mandi rumah posisi berada di tengah. Tetapi penggunaan nya lebih boros dalam hal listrik, dalam hal ini kamu bisa mengunakanya seperlunya saja, jika tidak di pakai kamu bisa menggunakan jendela.

4. Penggunaan AC di Dalam Ruangan

ventilasi kamar mandi
Sumber: yourhomewizards.com

Karena ruangan yang kecil dan sempit penggunaan AC di dalam ruangan kamar mandi sudah banyak yang melakukan. Seperti di kota kota besar dengan tingkat polusi udara yang tinggi, jika ruangan kecil tidak berventilasi maka tidak sehat ruangan tersebut. Mungkin penggunaan AC bisa menjadi solusi.

Air conditioner (AC) adalah mesin yang dibuat untuk menstabilkan suhu dan kelembaban udara. Alat ini digunakan untuk mendinginkan atau memanaskan, tergantung kebutuhan. Namun, AC sering disebut sebagai pendingin udara karena lebih banyak digunakan untuk menyejukkan ruangan.

5. Exhaust Fan Dinding

ventilasi kamar mandi
Sumber: design-milk.com

Jika kamu menginginkan ruangan kamar mandi kamu menjadi ruangan yang privasi jenis ini sangat cocok. Karena tidak meninggalkan lubang besar pada dindingnya kamu juga tidak peru khawatir jika serangga atau tikus masuk karena kamar mandimu rapat tertutup. Penggunaan jenis ini juga sangat simple, karena tembok akan lebih kuat dari pada model plafon.

C. Ventilasi Kamar Mandi Minimalis Sederhana

1. Penggunaan Jendela Tradisional Dengan Kaca

ventilasi kamar mandi
Sumber: Pinterst.com

Seperti kebanyakan rumah pada umumnya penggunaan jendela jenis ini paling banyak yang suka. Ventilasi Kamar Mandi Minimalis jendela tradisional kamu bisa menyesuaikan bentuknya sesuai kebutuhan. Dengan di pasang kaca memiliki sifat tembus pandang kamu juga memiiki pandangan luas ke luar.

2. Jendela Tradisional Kaca Panjang Yang Bisa Di Buka

ventilasi kamar mandi
Sumber: Pinterst.com

Jendela pun bisa di sesuaikan beentuknya, seperti halnya jendela kaca panjang yang bisa di buka. Dengan bahan aluminium akan lebih ringan jika kamu mendorongnya. Aluminium di gunakan di tepian kaca untuk melindungi seluruh sudut luar kaca. Dengan penggunaan siku dua di kanan dan kirinya, pengoprasian akan lebih mudah terasa.

3. Pemanfaatan Jendela Kaca Lebar

ventilasi kamar mandi
Sumber: decorpad.com

Kaca dengan ukuran besar dan lebar menjadikan ruangan kamar mandimu jauh lebih segar. Dengan pemandangan yang langsung keluar pemanfaatan kaca pada jendela memberikan cahaya masuk. Slain itu pengunaan kaca dengan kusen di pinggir dan tengahnya membuat kaca lebih kuat.

4. Membuat Langsung Lobang Pada Temboknya

ventilasi kamar mandi
Sumber: Pinterst.com

Hal yang paling sederhana dalam pembuatan ventilasi adalah melobangi langsung di temboknya. Selain hemat biaya melobangi langsung pada temboknya dengan cara tidak memasang batu bata. Dalam hal ini ketelitian perlu di cermati agar tembok tetap kuat walau beberapa bagian batu bata di biarkan bolong menganga.

5. Memanfaatkan bahan alam

ventilasi kamar mandi
Sumber: archilovers.com

Carayang terahir adalah dengan berbahan kayu di jejerkan secara vertikal dan horizontal dengan jarak yang sama seperti contoh gambar di atas. Kamu juga bisa dengan memanfaatkan bambu, Bambu di potong dengan ukuran yang sama di jejerkan rata. Karena bambu memiliki bentuk bulat bolong tengahnya.

D. Ventilasi Kamar Mandi Minimalis Elegan

1. Pengunaan Keramik Blok dengan Berbagai Motifnya

ventilasi kamar mandi
Sumber: Pinterst.com

Sering kita jumpai di beberapa toko bangunan sudah menyediakan keramik khusus untuk lubang ventilasi. Menyusunya di bagian setengah tembok selain untuk masuk dan keluarnya udara dan cahaya. Penyusunan sepeti gambar di atas juga bisa sebagai sekat ruangan sekalian.

2. Menjejerkan Di Bagian Tembok Paling Atas

ventilasi kamar mandi
Sumber: thepolysh.com

Penggunaan seperti ini bertujuan memberikan cahaya pada saat kita sedang ngaca. Pengunaan ventilasi di atas juga berfungsi sebagai masuknya angin dan cahaya. Karena angin semakin ke atas akan semakin besar hembusanya agar lebih segar dan nyaman terasa.

3. Penggunaan Kusen Kau Dan kaca

ventilasi kamar mandi
Sumber: dreambiglivetinyco.com

Bahan ventilasi pun harus di selaraskan dengan Dekorasi kamar mandi di rumahmu. Salah satunya penggunaan jendela minimalis dengan kusen kayu dan kaca. Kaca yang bisa di bbuka bertujuan untuk masuknya udara dan cahaya. Selain itu kaca juga melindungi lubang ventilasimu dari beberapa hewan dan serangga.

4. Ventilasi Cerobong Asap

ventilasi kamar mandi
Sumber: archdaily.com

Ventilasi Kamar Mandi Minimalis seperti ini cocok untuk kamar mandi dengan ketinggian atap tinggi. Dengan bentuk sederhana dngan warna kayu yang mencolok motifnya kesan tradisional terasa.

5. Memasang Keramik Ventilasi Motif Bunga Sebagai Temboknya

ventilasi kamar mandi
Sumber: dezeen.com

Kamu bisa mencoba mengunakan keramik lubang ventilasi di seluruh tembokkamar mandi rumahmu. Dengan catatan tempat yang mudah di jangkau orang di tutup mengunakan korden supaya pada saat kamu memakainya tidak ada yang bisa ngintip di dalamnya. Dekorasi semacam ini cocok untuk kamu yang memiliki hunian dengan pagar keliling supaya daerah sekitar terhalang.

Nah itulah tadi beberpa contoh Ventilasi Kamar Mandi Minimalis. Pada dasarnya ventilasi berfungsi mengalirkan udara dari luar ke dalamruangan dan sebaliknya, sehingga terjadi pergantian udara sehat untuk dihirup. Seiring dengan keluarnya udara dari dalam juga menjadi saluran keluarnya polusi dari dalam rumah.

Apapun bentuk ventilasi kamar mandi minimalis, yang paling penting Ventilasi adalah fungsinya. Jangan sampai salah memasangnya yaa atau pemilihan ukurannya supaya rumah kamu jauh dari engap dan juga menjadi rumah yang sehat. See you tomorrow gaess. tetep jaga kesehatan.

Tinggalkan komentar