Katalog Ukuran Pipa PVC

Adanya katalog ukuran pipa PVC sendiri terbilang cukup penting terlebih lagi ketika kita ingin membeli pipa untuk kebutuhan pengairan di rumah. Ini karena pipa PVC menjadi salah satu komponen penting yang keberadaannya harus ada di setiap rumah atau bangunan.

Kehadiran pipa PVC sendiri dapat membantu untuk mengalirkan air dari dari mesin pompa air menuju keran, mengalirkan pembuangan air dari atap atau jenis atap rumah multiroof, bahkan dapat menjadi jalur pelindung pada kabel.

Karena kegunaannya yang cukup penting ini maka dengan kita mengetahui katalog ukuran pipa merupakan suatu hal yang di perlukan agar nantinya kita tidak salah dalam membeli pipa PVC.

Katalog Ukuran Pipa PVC

Katalog Ukuran Pipa PVC
Sumber Gambar: http://pastigroup.co.id/

Berbagai jenis project instalasi air seperti supply, drain, hydrant, plumbing, distribusi dan irigasi hingga water treatment tentu tidak dapat terpisahkan dengan kebutuhan pipa dan komponen lainnya.

Pipa PVC atau PolyVinyl Chloride merupakan jenis pipa berbahan material thermoplastic yang umumnya digunakan untuk menyalurkan air. Jenis pipa PVC ini memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan pipa besi.

Beberapa keunggulan daripada jenis pipa PVC ini adalah memiliki berat lebih ringan, lebih terjangkau sehingga lebih banyak dicari oleng konsumen.

Pada dasarnya, ukuran pipa PVC sendiri cukup bervariatif, mulai dari diameter 5/8, ½, ¾, 1, 1 ½, 2, 2 ½, 3, 4, 5, hingga ukuran 12 inci juga tersedia. Adapun masing-masing dari ukuran pipa PVC tersebut memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda.

Jenis dan Kelas Pipa PVC

Setidaknya terdapat tiga jenis atau kelas pipa PVC, yaitu pipa PVC kelas AW, D, dan pipa PVC kelas C/OD.

1. Pipa PVC Kelas AW

Katalog Ukuran Pipa PVC
pipaplastik.com

Jenis yang pertama adalah pipa PVC kelas AW. Pipa kelas AW ini dirancang khusus agar sanggup menahan tekanan air dari dalam hingga 10 bar serta merupakan jenis pipa PVC dengan ukuran paling tebal jika dibandingkan dengan jenis pipa yang lainnya.

Saking tebalnya, pipa kelas AW ini mampu menopang tekanan hingga 10 kg/cm2 sehingga membuat jenis pipa ini sangat cocok untuk dipakai dalam pembuatan instalasi saluran air bertekanan tinggi atau saluran air yang menggunakan mesin pompa air.

Adapun kebanyakan jenis pipa PVC kelas AW ini umumnya digunakan dalam pembuatan saluran penyediaan air skala rumah tangga, saluran air bawah tanah, instalasi saluran air kotor dan air bekas. Di pasaran, pipa kelas AW ini tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 1/2 inci sampai 12 inci.

2. Pipa PVC Kelas D

Katalog Ukuran Pipa PVC
pipapvc.denya.co.id

Kedua adalah jenis pipa PVC kelas D yang dirancang khusus agar mampu menahan tekanan air dari dalam hingga mencapai 5 bar. Pada umumnya jenis pipa ini tersedia mulai dari ukuran 1,25 inci sampai 12 inci serta memiliki tingkat ketebalan yang sedang.

Meski hanya mampu menahan tekanan maksimal 5 kg/cm2, namun pipa PVC kelas D ini memiliki tingkat kekuatan lebih baik daripada pipa kelas C dan memiliki harga lebih murah ketimbang pipa PVC kelas AW.

Hal ini yang membuat pipa PVC kelas D paling sering dijadikan sebagai pilihan utama oleh para konsumen. Adapun pada umumnya pipa kelas D digunakan untuk membangun instalasi saluran pembuangan air rumah tangga serta dapat juga dimanfaatkan sebagai pipa saluran ventilasi udara.

Dalam hal ini, saluran ventilasi udara yang di maksud dapat berupa pipa ventilasi udara pada septic tank. Ventilasi udara yang terdapat di septic tank ini berguna agar kita dapat mengetahui ciri ciri septic tank penuh.

3. Pipa PVC Kelas C/OD

Katalog Ukuran Pipa PVC
cf.shopee.co.id

Nah, jenis pipa PVC yang terakhir adalah pipa PVC kelas C/OD di mana biasanya jenis pipa ini digunakan untuk keperluan pembangunan saluran listrik. Lebih tepatnya dijadikan sebagai pelindung/selubung kabel listrik dan telepon agar lebih aman.

Namun jenis pipa ini juga kadang kala dimanfaatkan untuk membuat saluran air bertekanan rendah misalnya saluran air di kolam ikan, akuarium, serta dapat digunakan juga untuk saluran drainase, mengingat pipa PVC kelas C/OD memiliki ketebalan yang rendah.

Untuk mendapatkan jenis pipa yang satu ini juga terbilang cukup mudah karena telah tersedia di toko bangunan dengan ukuran mulai dari 5/8 inci sampai 4 inci.

Bentuk-bentuk Pipa PVC

Selain mengetahui katalog ukuran pipa PVC, jenis dan kelasnya, kita juga perlu mengetahui beragam bentuk dari pipa PVC. Setidaknya, terdapat empat bentuk pipa PVC yang dijual di pasaran, di antaranya adalah pipa polos, MOF, fitting, dan pipa talang.

1. Pipa Polos

Bentuk pipa yang pertama adalah pipa polos di mana pipa ini memiliki ciri yaitu diameter yang sama. Sedangkan untuk menyambung dua pipa polos ini kita memerlukan pipa penyambung (increaser).

2. Pipa MOF

Kedua adalah pipa MOF yang memiliki ciri-ciri ujungnya berdiameter lebih besar, sehingga jika ingin menyambung dua pipa, maka kita tidak memerlukan pipa penyambung.

3. Pipa Fitting

Pipa fitting umumnya digunakan untuk menyambung dua hingga empat pipa. Dari keempat bentuk pipa PVC, pipa fitting merupakan pipa yang memiliki berbagai bentuk, mulai dari increaser, bentuk T, L, dan masih banyak lagi bentuk lainnya.

4. Pipa Talang

Terakhir adalah pipa talang yang dapat kita ketahui dari bentuk penampang mirip seperti huruf U. Sementara itu, pipa ini biasanya dipasang di ujung jurai atap rumah, tepatnya di bagian lisplang yang berfungsi untuk mengalirkan air.

Demikian penjelasan mengenai katalog ukuran pipa PVC lengkap beserta jenis dan bentuknya. Dengan pembahasan ini semoga dapat menjadi referensi bagi kita akan pipa PVC sehingga kita tidak salah dalam memilih ukuran jika kita ingin membelinya di toko bangunan.

Tinggalkan komentar