8 Jenis Atap Rumah Multiroof Lengkap Beserta Kelebihan & Gambarnya

Halo pembaca setia dekorunik.com, pada umumnya atap bangunan rumah di Indonesia menggunakan genteng berbahan dasar tanah liat. Namun belakangan ini muncul jenis atap rumah multiroof yang kita klaim memiliki berbagai keunggulan jika kita bandingkan dengan genteng biasa.

Seperti yang kita ketahui, atap merupakan salah satu bagian terpenting dari suatu bangunan. Dengan adanya atap ini, bagian dalam suatu bangunan dapat terlindungi dari panas dan dinginnya cuaca.

Selain itu, atap juga berfungsi sebagai pelengkap fasad rumah atau bangunan. Coba bayangkan, jika rumahmu tidak memiliki atap, tentu tidak enak untuk dipandang bukan?

Jenis Atap Rumah Multiroof dan Kelebihannya

Jenis Atap Rumah Multiroof
Sumber Gambar: www.99.co

Sebenarnya terdapat beberapa jenis atap yang dapat kamu pilih untuk dijadikan sebagai atap rumahmu.

Misalnya saja kamu bisa membuat atap rumah menggunakan bahan asbes, seng, genteng tanah liat, bahkan kamu juga dapat membuat atap rumah dengan memanfaatkan tumbuh-tumbuhan seperti jerami atau pohon ilalang.

Namun dari sekian banyak atap yang dapat kamu pilih untuk dijadikan sebagai genteng atap rumah, kini terdapat satu jenis atap rumah yang sangat terkenal, yaitu atap multiroof.

Atap multiroof sendiri merupakan sebuah genteng modern yang saat ini banyak orang gunakan untuk mengganti genteng biasa/genteng tanah. Adapun tampilannya sendiri mirip seperti genteng pada umumnya.

Bedanya adalah terletak pada bahan dasar dalam pembuatannya yang mana jenis genteng modern ini terbuat dari logam dengan bobot yang ringan.

Sementara itu, jenis genteng modern ini umumnya memiliki dua jenis bahan pelapis, yaitu baja ringan dan galvanis serta dipasarkan dengan dua jenis genteng metal, yaitu yang berlapis pasir dan yang tidak berlapis pasir (color/polos).

Adapun lapisan pasir pada genteng ini berfungsi untuk menahan panas sehingga jenis atap multiroof yang satu ini memiliki harga lebih mahal jika kita bandingkan dengan jenis atap multiroof yang tidak berpasir.

Lantas ada berapakah jenis genteng metal yang saat ini beredar di pasaran? Berikut adalah penjelasan mengenai jenis atap rumah multiroof lengkap beserta kelebihannya.

Jenis Atap Rumah Multiroof

Atap multiroof tidak hanya memiliki variasi dalam hal warna saja, namun juga jenisnya. Berikut ini adalah jenis-jenis atap rumah multiroof yang dapat menjadi referensi untuk atap rumahmu.

1. Standing Steam

"<yoastmark

Jenis genteng metal yang pertama adalah standing steam yang mana jenis atap yang satu ini merupakan jenis paling populer dipilih untuk dijadikan sebagai atap rumah minimalis.

Hal ini karena jenis genteng metal ini mempunyai tampilan yang modern yang muncul akibat garis-garis lurus berjejer di permukaannya serta memiliki warna metalik sehingga terlihat mengkilap.

Jenis atap metal yang satu ini kita pasang menggunakan sistem interlock yang mana pembangunan rangka atapnya menyatu langsung dengan atap sehingga jika kemudian hari terjadi gempa, maka atap tidak akan lepas atau bergeser.

2. Stainless Steel

"<yoastmark

Kedua adalah jenis atap stainless steel yang dapat kamu kenali dari bobotnya yang lebih berat dari jenis standing steam. Hal ini karena jenis atap stainless steel memiliki ketebalan lebih sehingga sangat cocok kita gunakan pada rumah-rumah yang berada pada wilayah bersuhu ekstrem.

Selain itu, genteng metal yang satu ini juga sering dipakai pada bangunan-bangunan besar seperti pabrik, hotel, hingga stadion sepak bola.

Karena terbuat dari bahan dasar ultra permanen yang sempurna, maka jenis atap yang satu ini disebut sebagai jenis atap yang memberikan perlindungan lebih maksimal jika dibandingkan dengan jenis lainnya.

3. Galvalume Steel

"<yoastmark

Meski sama-sama terbuat dari besi metal, jenis genteng galvalume steel ini dilapisi dengan lapisan aluminium dan seng sehingga memberikan kekuatan dan ketebalan lebih.

Namun meski terlihat tebal, jenis atap ini memiliki berat yang ringan dan juga lentur yang membuatnya lebih mudah dipasang serta tidak memakan banyak waktu. Genteng metal ini juga memiliki sifat antikarat yang membuatnya menjadi lebih tahan lama.

4. Atap Multiroof Tembaga (Copper)

"<yoastmark

Selanjutnya adalah atap multiroof tembaga atau lebih dikenal dengan sebutan copper. Meskipun terlihat seperti atap beton, jenis atap metal tembaga ini menjadi pilihan tepat bagi kamu yang suka berkreasi. Ini karena atap metal tembaga bisa dibentuk sesuai keinginan.

Bukan hanya itu saja, atap tembaga juga hadir dalam berbagai varian, mulai dari pola garis-garis bahkan pola berbentuk sisik ikan juga dapat kamu temui jika kamu ingin menjadikan genteng metal tembaga sebagai atap rumahmu.

Biasanya genteng metal tembaga ini digunakan sebagai atap masjid, gereja, bahkan museum besar pun sering menggunakan atap ini. Adapun jenis atap multiroof tembaga ini diyakini memiliki ketahanan bahkan hingga 100 tahun.

5. Atap Multiroof Berpasir (Sand Coated)

"<yoastmark

Genteng metal selanjutnya adalah multiroof berpasir atau sand coated. Genteng metal berpasir ini terbuat dari lapisan serbuk batuan yang dicampur dengan beragam material logam lainnya.

Jenis genteng metal berpasir hadir dalam berbagai ukuran, mulai dari 0,2 mm sampai dengan 0,4 mm. Beberapa keunggulan daripada jenis atap ini adalah bersifat anti gores yang dihasilkan dari lapisan serbuk batuan tersebut, bersifat anti pecah, tahan terhadap benturan serta mampu meredam panas.

6. Atap Metal Multiroof

"<yoastmark

Genteng metal multiroof merupakan jenis genteng metal yang terbuat dari baja berlapis aluminium dan zinc. Kedua bahan ini terkenal dapat melindungi genteng dari karat.

Walaupun permukaannya terlihat sederhana, namun atap metal multiroof ini terbuat dari dua lapisan genteng yang saling mengunci yang menjadikannya sangat cocok dipakai untuk rumah-rumah minimalis.

Terdapat keunggulan lainnya dari atap metal multiproof ini, yaitu permukaannya dicat menggunakan teknologi terbaru yang membuatnya tidak mudah terkelupas walau dalam jangka waktu penggunaan yang lama.

7. Atap Metal Millenium

"<yoastmark

Sama seperti halnya atap multiroof berpasir, jenis genteng metal millenium juga dapat dijadikan pilihan untuk atap rumahmu. Dapat dibilang, atap metal millenium merupakan yang paling cocok untuk desain rumah minimalis. Ini karena tampilannya yang metalik, stylish, dan futuristik.

Atap metal ini terbuat dari bahan stainless steel kelas ASTMA 240 yang dilengkapi dengan sistem interlock. Meski memiliki berat yang ringan namun bahannya ini adalah salah satu material yang terkuat untuk dijadikan sebagai atap rumah serta dapat di daur ulang.

8. Atap Metal Spandek

"<yoastmark

Terakhir adalah atap metal spandek yang terbuat dari galvalume atau zincalume yang merupakan campuran dari aluminium dan seng. Namun saat ini juga terdapat beberapa genteng metal spandek yang ditambahkan dengan bahan silikon sehingga atap lebih lentur serta tidak mudah bobrok.

Pada umumnya jenis genteng metal yang satu ini memiliki harga lebih mahal serta lebih membutuhkan waktu yang lebih lama ketika dipasang.

Adapun perbandingan komponen yang terdapat pada genteng spandek ini adalah 55% aluminium, 43% seng, dan 1,5% silikon. Biasanya, genteng modern yang satu ini dipasang di mall, pabrik, gudang, dan ruko.

Selain 8 jenis genteng metal di atas, tentunya masih terdapat banyak lagi jenis atau tipe lainnya yang umumnya dipakai di bangunan/rumah di luar negeri. Di antaranya adalah metal tile roofs, metal slate roofs, corrugated metal roof, tin roofing, steel roofs, dan masih banyak lagi jenis lainnya.

Kelebihan Atap Rumah Multiroof

"<yoastmark

Setidaknya terdapat tiga keunggulan atau kelebihan utama jika kamu menggunakan atap rumah multiroof ini. Di antaranya adalah:

a. Ringan dan Mudah

Karena terbuat dari baja ringan, menjadikan atap multiroof memiliki berat yang cukup ringan sehingga membuat struktur bahan bangunan tidak perlu menerima beban terlalu berat yang membuatnya sangat cocok digunakan pada rumah di wilayah rawan gempa.

Selain karena memiliki sifat yang tipis dan juga ringan, atap multiroof juga sangat mudah untuk dipasang. Dalam proses pemasangannya pun bisa lebih cepat bahkan kamu dapat melakukannya sendiri tanpa perlu menggunakan jasa tukang untuk memasangnya.

b. Ramah Lingkungan dan Variatif

Sampah merupakan salah satu masalah yang cukup mengkhawatirkan di bumi. Nah, perlu kamu ketahui, atap multiroof ini ternyata dapat didaur ulang lho sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu solusi untuk mengurangi permasalahan tersebut.

Atap multiroof juga tersedia dalam berbagai varian warna sehingga kamu dapat menyesuaikan warna atap dengan warna cat rumahmu. Genteng modern ini pun sangat cocok diaplikasikan pada rumah-rumah dengan gaya minimalis.

c. Minim Perawatan dan Tahan Lama

Terbuat dari zinc, membuat jenis atap multiroof ini bersifat antikarat yang sangat baik. Bukan hanya itu saja, atap multiroof juga bersifat anti jamur dan juga anti lumut.

Dengan adanya sifat ini, atap multiroof tidak membutuhkan perawatan khusus yang dapat memakan banyak biaya. Adanya sifat antikarat juga menjadikan atap modern ini memiliki ketahanan yang cukup baik karena terbuat dari galvalume atau baja ringan.

Jenis atap yang satu ini juga memiliki daya tahan bahkan hingga puluhan tahun tergantung dari jenis dan bahannya.

Cara Memasang Atap Multiroof

Untuk cara pemasangan atap multiroof sendiri dilakukan dengan cara bor hingga kemudian pemasangan mur/baut dengan jarak yang sesuai pada tiap lembarnya. Ini bertujuan agar genteng metal menempel ke permukaan rangka dengan kuat.

Sementara untuk mencegah kebocoran ketika terjadi hujan lebat, maka berikan seal di setiap lubang yang telah dipasangkan mur. Hal seperti ini juga perlu dilakukan pada pemasangan nok dan talang metal.

Hal yang juga wajib kita perhatikan pada saat memasang genteng metal adalah pada bagian atas dan bawah genteng tidak boleh terbalik di dalam pemasangannya sebab tiap lembarnya terdapat sok. Cara pemasangannya adalah lembaran pada sayap kanan harus dipasangkan dengan lembaran pada sayap kiri atap.

Cara Memotong Atap Multiroof

Dalam memotong atap multiroof ini hanya dapat dilakukan menggunakan gunting besi. Sedangkan bagian yang dapat dipotong hanya pada bagian atas genteng dimana gording terpasang nantinya.

Contoh Gambar Atap Rumah Multiroof

Berikut adalah contoh gambar atap atau genteng rumah multiroof yang berhasil dekorunik kumpulkan dari berbagai sumber.

1. Gambar Atap Rumah Standing Steam

a. Contoh 1

"<yoastmark

b. Contoh 2

"<yoastmark

c. Contoh 3

"<yoastmark

2. Gambar Atap Rumah Stainless Steel

a. Contoh 1

"<yoastmark

b. Contoh 2

"<yoastmark

c. Contoh 3

"<yoastmark

3. Gambar Atap Rumah Galvalume Steel

a. Contoh 1"<yoastmark

b. Contoh 2

"<yoastmark

c. Contoh 3

"<yoastmark

4. Gambar Atap Rumah Multiroof Tembaga

a. Contoh 1

"<yoastmark

b. Contoh 2

"<yoastmark

5. Gambar Atap Rumah Multiroof Berpasir

a. Contoh 1

"<yoastmark

b. Contoh 2

"<yoastmark

c. Contoh 3

"<yoastmark

6. Gambar Atap Rumah Metal Multiroof

a. Contoh 1

"<yoastmark

b. Contoh 2

"<yoastmark

7. Gambar Atap Rumah Metal Millenium

a. Contoh 1

"<yoastmark

b. Contoh 2

"<yoastmark

8. Gambar Atap Rumah Metal Spandek

a. Contoh 1

"<yoastmark

b. Contoh 2

"<yoastmark

Itulah pembahasan mengenai jenis atap rumah multiroof lengkap beserta kelebihan dan gambarnya. Semoga dapat menjadi referensi bagi kamu yang saat ini sedang mencari genteng metal modern ini.

Dari sekian banyak jenis atap rumah multiroof ini, manakah yang memiliki kualitas terbaik menurutmu? Tulis jawabanmu di kolom komentar di bawah ini ya!

Tinggalkan komentar