❤️ Cara Mengecat Tembok Motif Garis

Halo pembaca dekorunik.com, mari kita belajar cara mengecat tembok motif garis yang paling mudah dan sederhana. Baik model vertikal, horizontal, miring, dan lainnya. Mengecat tembok dinding model garis adalah bagian dari dekorasi tembok dinding rumah.

Jadi, dekorasi tembok dinding itu tidak harus dengan ornament seperti rak dinding, frame foto, dan sejenisnya. Dekorasi dinding juga bisa dengan cara bermain motif catnya.

Mengecat tembok dinding dengan motif garis artinya mengecat tembok minimal dengan 2 warna yang berbeda. Motif ini cukup popular dan diminati banyak orang.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengecat tembok motif garis yang indah dan menarik? Langsung saja lihat tutorialnya di sini.

Cara Mengecat Tembok Motif Garis

Cara Mengecat Tembok Motif Garis dan Contoh-contohnya
Sumber Gambar: Youtube.com

Ada banyak motif dalam mengecat tembok, seperti motif diagonal, polkadot, dan lainnya. Tetapi yang boleh dikatakan yang paling mudah dan tetap menarik adalah motif garis.

Kita tidak perlu menyiapkan alat-alat yang sulit dicari untuk menciptakan motif garis yang rapi. Cukup dengan alat-alat seperti selotip kertas, kardus, pensil, kapur dan tali yang biasa digunakan tukang bangunan, dan bisa juga dengan sikat pakaian.

Dari semua alat-alat yang bisa membantu kita membuat motif garis, selotip kertas adalah yang paling direkomendasikan.

Kenapa?

Dengan selotip kertas hasil cat motif garis akan lebih rapi, mudah pengerjaannya, dan minim budget tentunya.

Alat-alat yang Harus Disiapkan

Seperti yang sudah disinggung di atas, alat-alat untuk membantu membuat motif garis pada dinding ada banyak.

Namun yang paling rekomendasi adalah menggunakan selotip kertas. Jadi, mari kita mulai menyiapkan.

  • Selotip Kertas.
  • 2 atau lebih Cat Warna.
  • Kuas ukuran 5 inchi/ukuran sedang.

Cara Mudah Mengecat Tembok Dinding Motif Garis dengan Selotip Kertas / Lakban Kertas

Jika sudah siap semua, langkah selanjutnya proses pengerjaan. Nah, untuk hasil yang maksimal, sebaiknya jangan terburu-buru.

Tentukan dulu ukuran lebar masing-masing warna cat. Misal mau masing-masing garis lebarnya 5 cm, 10 cm, atau supaya tidak ribet menyesuaikan lebar selotip kertas.

Itu silahkan dipikirkan sesuai keinginan sendiri-sendiri.

Jika ingin lebar misal 10 cm, caranya bisa dengan menggunakan dua selotip kertas yang ditempelkan sejajar dan rapat.

Baik kita langsung masuk ke tahap pertama mengecat tembok dinding dengan motif garis.

1. Menempelkan selotip kertas dengan benar

Ini termasuk bagian yang penting. Pertama kita harus memastikan tembok dinding benar-benar bersih.

Tujuannya supaya hasil cat benar-benar halus dan rata. Jika tembok yang dicat masih baru, belum ada cat dasarnya atau pilihan warna cat yang pertama, maka bersihkan lalu lakukan pengecatan pertama dengan mengecat secara menyeluruh.

Setelah dicat dan kering baru lakukan penempelan selotip secara baik dan benar. Tempel sesuai motif yang kita inginkan.

Misalkan mau model garis tegak berdiri, atau miring, atau datar. Itu terserah kemauan kita saja.

Jika sudah menentukan, misalkan mau model tegak lurus, maka lakukan penempelan selotip secara tegak lurus jangan sampai miring dan bergelembung pada bagian yang menempel.

Karena jika miring sedikit atau bergelembung, itu bisa menyebabkan tidak rapi. Dan cat bisa meresap ke gelembung selotip kertas tersebut.

2. Proses Pengecatan

Jika semua tembok dinding sudah terpasang selotip kertas dengan baik dan benar serta sesuai keinginan, barulah lakukan pengecatan.

Meski sudah ditutup dengan selotip kertas, pengecatan sebaiknya tetap dilakukan dengan berhati-hati. Usahakan jangan sampai mengenai selotip kertas yang sudah ditempelkan sebagai pembatas.

Selotip kertas sebenarnya bagus dan mampu menahan tidak tembus cat, tapi bisa saja jika cara mengecatnya tidak berhati-hati lalu mengenai selotip kertas dan mengelupas kan repot.

Itulah pentingnya tetap berhati-hati dan lakukan proses pengecatan dengan baik untuk hasil yang maksimal.

3. Melepas Selotip Kertas

Tahap terakhir adalah melepas selotip kertas ketika proses pengecatan sudah selesai dan cat sudah benar-benar kering.

Jika belum benar-benar kering, sebaiknya jangan dilepas dulu. Takutnya ketika melepas selotip kertas yang masih basah, tangan kita menempel pada bagian cat yang masih basah. Atau bisa juga selotipnya ada yang menempel ke permukaan cat basah.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan semacam itu, sebaiknya menunggu sebentar untuk hasil yang maksimal.

Contoh-Contoh Cat Tembok Dinding Motif Garis

Buat Anda yang belum menemukan ide motif cat tembok dinding mau dibuat tegak lurus atau miring atau lainnya, serta belum menemukan ide perpaduan warna catnya, bisa lihat contoh-contoh di bawah ini.

Di sini ada banyak contoh tembok dinding dengan cat motif garis yang menarik-menarik. Lihat dan perhatikan dengan seksama, siapa tahu inspirasi ide terbaik Anda muncul dari melihat contoh-contoh gambar cat dinding motif garis di bawah ini.

1. Cat Tembok Dinding Motif Garis Warna Kuning Putih

Cara Mengecat Tembok Motif Garis
Sumber Gambar: hgtv.com

Untuk mengecat tembok dinding motif garis dengan warna putih kuning, sebaiknya lakukan pengecatan warna putih terlebih dahulu. Terlebih jika seperti gambar di atas, warna dominan memang warna putih.

2. Warna Hijau Kalem dan Putih

Contoh-Contoh Cat Tembok Dinding Motif Garis
Sumber Gambar: today.com

Hampir sama dengan motif di atas. Hanya beda warna dan garisnya cukup lebar. Mungkin jika menggunakan selotip kertas atau lakban dobel berjejer.

3. Warna Ungu Muda sampai Ungu Tua

Cara Mudah Mengecat Tembok Dinding Motif Garis dengan Selotip Kertas
Sumber Gambar: prosto-gost.livejournal.com

Warnanya sangat cantik dan menyenangkan. Sebenarnya ini bukan cat, melainkan keramik. Tetapi yang ingin kami garis bawahi adalah motif dan warnanya yang bisa dijadikan sumber inspirasi.

4. Warna Warni Keren

Contoh-Contoh Cat Tembok Dinding Motif Garis
Sumber Gambar: archdaily.com

Warna cerah adalah sesuatu yang menyenangkan. Cocok untuk penghuni rumah yang ceria. Kita bisa mengecat tembok dinding dengan motif dan model seperti pada gambar yang satu ini.

5. Putih Hitam Pekat

Contoh-Contoh Cat Tembok Dinding Motif Garis
Sumber Gambar: mixandchic.com

Motif garis warna hitam putih juga keren untuk dijadikan inspirasi. Model motif garis horizontal seperti ini cocok untuk semua ruang, bagi yang menyukai warna hitam dan putih.

6. Warna Coklat Putih

1 Cara Mengecat Tembok Motif Garis
Sumber Gambar: homedit.com

Motif garis lebar dan tipis. Ini juga menarik untuk dijadikan inspirasi. Anda tidak perlu berpikir keras untuk memodifikasi motif seperti ini agar terlihat beda. Cukup dengan mengganti warnanya saja sudah terlihat berbeda.

7. Warna Hijau Muda dan Coklat

2 Contoh-Contoh Cat Tembok Dinding Motif Garis
Sumber Gambar: hometalk.com

Motif garis pada bagian atas tembok. Untuk mengecat model ini butuh tangga atau alat bantu supaya kita bisa menjangkau bagian atas tembok.

8. Putih dan Emas

3 Cara Mudah Mengecat Tembok Dinding Motif Garis dengan Selotip Kertas
Sumber Gambar: ebay.com

Model motif garis yang satu ini cukup keren dan unik. Untuk membuat model seperti ini sepertinya membutuhkan selotip kertas yang cukup banyak. Tetapi tidak perlu dipermasalahkan. Untuk hasil keren dan seunik ini tentu butuh modal yang cukup.

9. Warna Elegan

4 Cara Mengecat Tembok Motif Garis
Sumber Gambar: burkedecor.com

Model motif garis vertikal dengan warna yang elegan. Untuk Anda yang menyukai warna elegan, bisa nih modifikasi model motif garis yang satu ini. Mungkin bisa dengan memodifikasi dengan merubah model vertikal ke horizontal.

10. Putih dan Hitam Motif Beda

5 Contoh-Contoh Cat Tembok Dinding Motif Garis
Sumber Gambar: nehomemag.com

Sebelumnya sudah ada contoh motif garis dengan warna hitam putih. Kali ini juga sama warna hitam putih tetapi dengan model yang berbeda.

11. Warna Kalem yang Menarik

Cara Mengecat Tembok Motif Garis
Sumber Gambar: quadrofeminino.com

Anda yang menyukai keanggunan bisa buat tembok dinding rumahnya dicat dengan motif seperti ini. Supaya tidak sama, Anda bisa merubah modelnya menjadi horizontal. Dengan begitu sudah terlihat sangat berbeda. Tetapi dengan warna yang sama, supaya tetap terlihat anggun.

12. Motif Garis Kecil dengan Warna Kalem

Cara Mengecat Tembok Motif Garis
Sumber Gambar: johnlewis.scene7.com/

Model garis-garis kecil sepertinya menarik juga. Coba lihat tembok dinding di atas. Untuk membuat model motif seperti di atas, diperlukan kehati-hatian yang super. Supaya tidak melenceng.

13. Motif Garis Kecil dengan Warna Biru Menyala

Cara Mengecat Tembok Motif Garis
Sumber Gambar: hometalk.com

Model yang satu ini sangat simpel. Tetapi untuk membuatnya juga butuh ketelitian supaya tidak menceng atau miring. Tidak perlu semua tembok di motif garis, salah satu sisi saja sudah menarik.

14. Warna Kuning dan Putih

Contoh-Contoh Cat Tembok Dinding Motif Garis
Sumber Gambar: albiongould.com

Warna kuning dan putih memang merupakan paduan warna yang bagus. Mendekorasi dinding dengan motif garis yang memiliki dua warna seperti di atas, cukup rekomended.

15. Motif Garis Miring Warna Biru dan Putih

Cara Mengecat Tembok Motif Garis
Sumber Gambar: wallsneedlove.com

Buat Anda yang menyukai hal-hal unik, bisa diterapkan pada motif dinding. Anda cukup mengecat tembok dengan motif garis dengan model miring. Cukup dua warna saja sudah bagus dan unik. Anda bisa memodifikasinya dengan menambahkan warna.

16. Warna Anggun

Cara Mengecat Tembok Motif Garis
Sumber Gambar: design-milk.com

Yang satu ini unik dan menarik sekali. Susunan warnanya keren, dan pilihan warnanya juga keren. Ditambah dengan ada motif bergambar pohon menjadikan motif tembok ini sangat unik dan menarik.

17. Motif Garis Miring yang Menarik

Teknik Cara Mengecat Tembok Motif Garis
Sumber Gambar: design-milk.com

Jika terasa biasa saja melihat motif garis yang modelnya hanya vertikal dan horizontal, maka Anda perlu melihat motif garis dengan model yang seperti ini. Menarik bukan?

18. Motif Miring Warna-warni

Contoh-Contoh Cat Tembok Dinding Motif Garis
Sumber Gambar: hazelwood-homes.com

Nah, yang satu ini mirip pelangi. Cuma pilihan warnanya saja yang berbeda. Jika Anda suka, boleh ambil model yang satu dengan memberi warna yang berbeda. Supaya tidak terlihat sama.

19. Tembok Kalem dengan Motif Cat Garis yang Bagus

Teknik Cara Mengecat Tembok Motif Garis
Sumber Gambar: lechler.eu

Motif garisnya bagus dan kalem sekali. Pilihan warna yang tepat tidak bisa dibantah lagi. Cocok untuk ruang kamar tidur, karena warna seperti ini menenangkan.

20. Motif Garis 4 Warna

Cara Mengecat Tembok Motif Garis
Sumber Gambar: flickr.com

Terlihat garis kecil atau tipis warna orange tetapi sangat mencuri pandangan. Ini adalah salah satu contoh motif garis dengan model yang pantas untuk diamati dan dimodifikasi untuk diterapkan di ruang sendiri.

21. Motif Garis Model Petak

Teknik Cara Mengecat Tembok Motif Garis
Sumber Gambar: blogachadosdedecoracao.com.br

Motif garis yang membentuk persegi. Dengan warna yang semua petaknya berbeda. Bagus dan menarik untuk diikuti modelnya. Supaya terlihat beda, cukup dengan mengganti warnanya saja.

22. Motif Garis Model Bulat

Cara Mengecat Tembok Motif Garis
Sumber Gambar: thewallwhisperer.com

Jika bosan dengan model yang biasa-biasa saja, cobalah berkreasi untuk menghasilkan sesuatu yang unik. Dengan begitu rasa bosan akan hilang. Salah satu contohnya seperti gambar di atas. Membuat model bulat dengan motif garis.

23. Motif Garis Model Lapis

Contoh-Contoh Cat Tembok Dinding Motif Garis
Sumber Gambar: thediydoghouse.com

Yang satu ini juga rekomendasi untuk Anda yang bosan dengan model vertikal dan horizontal. Anda bisa membuat model miring yang saling bertabrakan. Secara otomatis ia akan membentuk sebuah bangun ruang dua dimensi yang bernama lapis.

24. Motif Garis Model Paling Simpel

Cara Mengecat Tembok Motif Garis
Sumber Gambar: bellvine.com

Sederhana dan tidak ribet. Untuk membuat model motif garis seperti gambar ini, cukup menggunakan satu lembar selotip kertas yang ditempel miring.

25. Motif Garis Tipis Tebal dengan Warna Hijau dan Putih

Contoh-Contoh Cat Tembok Dinding Motif Garis
Sumber Gambar: jessicademaio.blogspot.com/

Yang satu ini juga sederhana dan tidak ribet. Tetapi hasilnya bagus dan menarik. Anda bisa merubah warnanya jika menginginkan model seperti ini.

26. Motif Garis Model 3 Garis

Cara Mengecat Tembok Motif Garis
Sumber Gambar: wallums.com

Model yang satu ini adalah yang paling simpel dan mudah sekali. Jika warna dasar cat temboknya adalah warna putih, maka sebelum mengecat warna coklat Anda cukup tempelkan selotip kertas yang lebarnya kira-kira segitu. Lalu lakukan pengecatan warna coklat dengan senang hati.

27. Motif Garis yang Cantik dan Antik

Cara Mengecat Tembok Motif Garis
Sumber Gambar: pt.aliexpress.com

Untuk model motif garis yang satu ini nampaknya sangat ribet. Tapi jika Anda menginginkannya, tentu ini bukan tantangan yang tidak bisa dilalui. Anda hanya perlu bekerja keras dan hati-hati untuk menghasilkan model yang seperti ini.

28. Motif Garis Datar

Contoh-Contoh Cat Tembok Dinding Motif Garis
Sumber Gambar: urbanoutfitters.com

Model horizontal yang paling menarik. Namun semakin banyak warna sepertinya akan semakin ribet untuk model seperti ini. Tapi tidak masalah untuk hasil yang sesuai dengan keinginan sendiri.

29. Motif Garis Miring

Cara Mengecat Tembok Motif Garis
Sumber Gambar: behr.com

Kalau yang satu ini bagus dan keren. Perpaduan model horizontal dan miring menghasilkan sebuah model yang unik dan menarik. Anda bisa mencontohnya dengan memodifikasi pada warnanya.

30. Motif Garis di Tepi Pintu

Cara Mengecat Tembok Motif Garis
Sumber Gambar: domino.com

Contoh-contoh cat tembok motif garis di atas adalah sebagian dari banyaknya contoh-contoh lain yang Anda bisa lihat di internet.

Pada intinya, motif garis bisa direkayasa menjadi banyak model. Dengan melihat contoh gambar motif cat tembok di atas, harapan kami semoga Anda menemukan inspirasi ide motif tersendiri, tidak sama dengan lainnya.

Jika Anda bisa menemukan motif garis dengan model yang belum ada, pasti akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri buat Anda.

Terlebih jika motif garis buatan Anda banyak yang menyukai dan memakai, pasti itu menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan.

Demikian pembahasan tentang cara mengecat tembok motif garis beserta contoh-contohnya. Terima kasih sudah berkunjung di dekorunik.com.

  • 24
    Shares

Tinggalkan komentar