Cara Memasang Rak Dinding Tanpa Bor

Cara Memasang Rak Dinding – Salah satu dekorasi unik yang lagi ramai saat ini adalah dekor dengan rak dinding. Selain bagus, harganya juga terjangkau.

Saat ini sudah banyak sekali jenis dan bentuk rak yang dibuat oleh para pengajin rak. Bentuknya antik, cantik, dan unik.

Salah satunya adalah rak ambalan atau melayang. Rak ini bentuknya sangat sederhana, tetapi jika sudah terpasang dan menempel pada tembok, dinding jadi terlihat antik, unik, cantik, dan menarik.

Video Cara Memasang Rak Ambalan Tanpa Bor

Dengan melihat tutorial pemasangan rak ambalan tanpa bor pada video di atas, kita jadi tahu bahwa sebenarnya itu mudah tanpa harus menggunakan alat-alat yang jarang kita miliki seperti bor.

Sebagai pelengkap, kami ulas tutorial penjelasan pemasangan rak ambalan dalam bentuk tulisan sebagai berikut.

Cara Memasang Rak Dinding Ambalan Tanpa Bor

Cara Memasang Rak Dinding Tempel Model Ambalan Unik
Cara Memasang Rak Dinding Tempel Model Ambalan Unik

Cara memasang rak dinding ambalan tergolong mudah dan sederhana. Ada 2 model pemasangan rak ambalan. Yang pertama cukup dengan menggunakan palu dan paku, dan yang kedua harus menggunakan alat bantu bor.

Keduanya sama-sama work. Bedanya yang menggunakan bor lebih ribet dan harus tepat pengeborannya. Jika miring, bisa merusak tembok dan hasil tidak bagus.

Pada kesempatan kali ini, dekorunik.com akan membahas tentang cara memasang rak dinding ambalan tanpa bor. Artinya pemasangan menggunakan paku dan palu.

Bagaimana caranya?

1. Siapkan Rak Ambalan yang Memiliki Braket Kayu

Untuk memasang rak ambalan tempel, ada beberapa yang harus kita perhatikan. Pertama tentu menyiapkan rak ambalan braket kayu. Ada beberapa jenis braket rak ambalan tempel.

Yang paling umum adalah braket dari besi dan kayu. Yang akan kita bahas adalah braket yang terbuat dari kayu. Sebelumnya, apakah Anda sudah tahu apa itu braket?

Braket adalah penyangga rak ambalan tempel. Tanpa braket, rak tempel ambalan sulit untuk terpasang. Untuk Anda yang memiliki banyak waktu luang, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

2. Siapkan Paku ukuran 5, Palu, Pulpen, Meteran, dan Waterpas

Cara Memasang Rak Ambalan Tempel
Cara Memasang Rak Ambalan Tempel

Selanjutnya, Anda harus menyiapkan paku, palu, meteran, dan waterpas. Paku untuk menempelkan braket kayu ke tembok, palu untuk memalu paku tersebut, pulpen untuk memberi tanda, meteran untuk mengukur dan mangatur jarak, dan waterpas untuk mengetahui permukaan rata atau tidak.

Untuk hasil yang maksimal, ke-5 alat tersebut harus kita siapkan. Dan untuk paku, sebaiknya gunakan paku beton yang berukuran 5. Itu ukuran yang pas, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Dengan catatan, braket rak ambalan terbuat dari kayu yang memiliki tebal 2-3 cm.

3. Pasang Braket Kayu

Memasang Braket Kayu
Memasang Braket Kayu

 

 

Langkah berikutnya adalah memasang braket kayu. Gunakan meteran untuk mengukur dan mengatur jarak yang sesuai dengan keinginan. Misalkan ingin memasang rak ambalan tempel tepat pada tengah-tengah permukaan tembok.

Maka ukur panjang atau lebar tembok, lalu bagi 2, nanti akan ketemu tengah-tengahnya. Jika sudah selesai menentukan jarak, langsung tandai dengan pulpen.

Jika sudah, langsung pasang braket kayunya dengan paku. Jangan lupa cek tingkat kerataan permukaan dengan waterpas, supaya tidak menceng.

4. Pasang Rak Ambalan

Memasang Rak Ambalan
Memasang Rak Ambalan

Jika braket kayu sudah terpasang dengan benar, selanjutnya adalah memasang rak ambalan. Rekatkan atau masukan rak ambalan ke braket yang sudah terpasang.

Pastikan terpasang rapat dan tidak menceng. Jangan lupa cek tingkat kerataan kembali menggunakan waterpas. Pemasangan sudah selesai, mudah bukan?

5. Susun Sesuai Keinginan

Rak Ambalan Tempel Dinding Model unik
Rak Ambalan Tempel Dinding Model unik

Bagian 1- 4 adalah tahapan-tahapan pemasangan rak dinding ambalan tempel tanpa bor untuk 1 unit/pcs rak ambalan.

Biasanya, satu set rak ambalan berisi 3 atau lebih rak ambalan. Dan kita memiliki hal secara penuh untuk mengatur model ambalan atau menyusunnya. Sebagai referensi, Anda bisa melihatnya pada contoh-contoh model rak ambalan tempel.

Itulah tahapan-tahapan cara memasang rak dinding melayang tempel model ambalan yang unik. Bagaimana? Tentu sudah paham ya, semoga tutorial di atas mudah dimengerti dan dipahami.

  • 2
    Shares

Tinggalkan komentar