22 ❤️ Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Sederhana yang Unik

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Sederhana – Halo sahabat Dekorunik.com, di bawah ini ada beberapa contoh gambar dekorasi dinding ruang tamu, lantai ruang tamu, dan sudut ruang tamu. Dekorasinya unik-unik, kamu harus melihatnya semua.

Tidak semua orang membuat rumah dengan ukuran lebar dan megah, begitu juga dengan ruangan yang ada di dalamnya, salah satunya ruang tamu. Dekorasi ruang tamu minimalis sederhana bisa jadi salah satu yang patut di coba., Karena seiring berkembangnya desain dekorasi, rumah kecil sederhana bertema minimalis banyak di gemari.

Konsep desain ruang tamu merupakan dekorasi ruangan yang dibangun dengan bentuk dan luas yang tidak terlalu besar. Mulai dari ruangan, dibangun dengan konsep sesuai kebutuhan paling mendasar dari segi bangunan interior dan eksterior. Ruang tamu minimalis memiliki tata ruang sederhana, polos dan efisien, dengan volume ruang bertingkat struktur logis sesuai fungsinya.

Baca juga artikel tentang warna cat ruang tamu yang sejuk dan bagus.

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Sederhana

Dekorasi Ruang Tamu
Sumber: mcgeeandco.com

Berikut adalah beberapa referensi dekorasi ruang tamu minimalis sederhana untuk mempercantik rumah hunianmu.

Lihat juga artikel tentang desain ruang tamu mewah minimalis yang unik.

A. Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Sederhana Bagian Dinding

1. Cat Warna Cerah

 Desain Ruang Tamu
Sumber: apartmenttherapy.com

Pemilihan cat warna cerah untuk ruang tamu sangat di gemari, warna cerah dengan tekstur halus dan tidak mencolok mata menjadi pilihan banyak orang. Warna cerah dipercaya memberi kesan ceria pada setiap orang penggunanya. Warna-warna yang cerah dapat memberikan kesan lapang karena memancarkan cahaya.

Perlu diketahui, hindari penggunaan warna gelap karena ia dapat menyerap cahaya. Warna cat interior memiliki peran yang penting sebagai sarana untuk memperkuat dan melahirkan kesan tertentu. Warna juga diyakini dapat memanipulasi suatu ruangan, misalnya, cat dinding warna putih pada ruang tamu dapat memberikan kesan luas dan lapang.

 Desain Ruang Tamu
Sumber: apartmenttherapy.com

Gambar diatas adalah contoh warna dengan campuran warna putih, agar lebih halus dan nyaman dipandang mata.

2. Dinding Cat Warna Tua

 Desain Ruang Tamu
Sumber: aradastoves.com

Pada umumnya, penggunaan cat warna gelap dalam penataan interior adalah hal yang kurang disukai. Namun, ada kalanya warna gelap digunakan untuk sebuah ruangan. Apalagi, jika kamu memang sengaja menginginkan konsep ruang tamu bernuansa gelap untuk menghadirkan kesan yang elegan dan maskulin, sebaiknya totalitas memaksimalkan penggunaan warna gelap.

Keungulan utama penggunaan warna gelap adalah penampilan maskulin elegan yang diberikan. Kesan mewah bahkan dapat meningkat melalui penambahan aksen atau ornamen dengan warna kontras yang serasi. Kunci penting mengatasi kesan suram adalah memastikan ruangan memperoleh pencahayaan memadai, baik pencahayaan alami maupun cahaya lampu.

3. Lebih Dari Dua Warna Dalam Satu Ruangan

 Desain Ruang Tamu
Sumber: apartmenttherapy.com

Jika kamu ingin memberikan suasana berbeda ke dalam ruang tamu, salah satu cara bisa kamu lakukan adalah dengan cat warna ruang tamu. Teknik perpaduan tiga warna cat di dinding ruang tamu bisa kamu coba, dengan memadukan tiga warna cat dinding berbeda. Masalahnya, tidak semua warna cat dapat menghasilkan kombinasi warna yang dinamis.

Untuk meminimalkan kesalahan dalam menentukan kombinasi warna cat ruang tamu yang harmoni. Kamu boleh-boleh saja menggunakan color palette atau color wheel untuk melihat warna apa yang mendekati dan mana yang paling kontras dengan warna cat ruang tamu. Melihat ide kombinasi warna cat ruang tamu melalui internet juga bisa menjadi solusi.

4. Menggunakan Rak Dinding dan Cermin

 Desain Ruang Tamu
Sumber: kateandlaurel.com

Rak pada dinding ruang tamu bertujuan untuk memberikan kesan luas terhadap dekorasi ruang tamu minimalis sederhana. Karena ruangan dengan konsep desain minimalis harus benar-benar efektif memanfaatkan ruangan. Dengan cara penataan yang tepat dan rapi tentunya.

Selain itu rak pada dinding bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan beberapa buku, hiasan seperti vas bunga, foto atau ornamen-ornamen kecil yang bisa menambah cantik ruang tamu kamu pastinya. Ada beberapa model dan bahan rak dinding ruang tamu yang bisa kamu sesuaikan dengan konsep dalam desain ruang tamu.

5. Model Lesehan ala Tradisional Jepang

 Desain Ruang Tamu
Sumber: Pinterest.com

Lesehan adalah salah satu gaya dekorasi yang terkenal dari negara jepang. Pada umumnya ruang tamu tradisional di jepang mengunakan konsep lesehan karena filosofi di dalamnya. Seiring kemajuan waktu dan akses internet yang merata ke seluruh dunia gaya ini banyak di adopsi untuk membuat nyaman ruangan rumahmu.

Dengan furniture yang sederhana konsep lesehan seperti ini lebih murah pastinya. Serta kesan tradisional yang antik terasa, tidak adanya kursi membuat ruangan semakin luas dan juga mudah di bersihkan pastinya. Mengunakan lantai kayu dan meja dengan bahan kayu membuat semakin nyaman saat di gunakan, salah satu cara bersantai yang menyenangkan.

B. Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Sederhana Bagian Lantai

1. Keramik Segi Persegi Enam Menambah Estetika

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Sederhana
Sumber: Decorpad.com

 

Pemasangan keramik pada lantai dalam sebuah ruangan berpengaruh besar kepada kebersihan ruangan. Selain itu lantai juga dapat merubah penampilan ruang tamu kamu lebih cantik. Keramik lantai di produksi dengan berbagai macam dan bentuk, pada umumnya keramik lantai bentuk persegi dengan warna netral atau cream sering menjadi pilihan.

Karena model keramik banyak macam dan bentuknya hal ini bertujuan untuk menyelaraskan warna keramik dengan tema ruangan. Seperti halnya ruangan dengan tema nuansa alam penggunaan keramik warna coklat bisa jadi pilihan. Memadukan dengan warna ornamen lain dengan warna yang sama. warna coklat juga akan memberi kesan ketenangan yang nyaman.

2. Putih Polos Memberikan Kesan Lapang Dan Bersih

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Sederhana
Sumber: pinterest.com

Keramik dengan warna putih dan bentuk pesegi masih sangat di gemari oleh kebanyakan orang, karena warna putih adalah warna netral yang bisa di padukan dengan warna apa saja. Selain itu warna putih cerah mudah memantulkan cahaya agar mendapatkan kesan lapang dalam suatu ruangan.

Warna putih juga memberi kesan bersih dan rapih. Pemilihan keramik warna putih juga elegan di padukan dengan warna gelap seperti hitam, abu-abu dan coklat tua. Keramik dengan warna putih bisa menjadi sebuah penegasan warna pada furniture lain seperti meja, sofa set, pintu dan juga memberikan kesan elegan.

3. Motif kayu Coklat

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Sederhana
Sumber: esty.com

Jika kamu menyukai alam terbuka yang asri dan ingin membawa suasana yang hangat dengan kesegaran alam. Kamu dapat mencoba dengan mengunakan keramik warna coklat dengan motif kayu. Karena bentuk potongan keramik bermacam macam model kamu bisa membeli dengan model persegi panjang yang di pasang secara zig-zag di dalam ruangan.

Pemasangan keramik zig-zag membuat penampilan rumahmu cantik dan unik. Konsep alam terbuka lebih terasa dengan memadukan warna coklat pada ornamen serta furniture yang di gunakan. Tambahan tanaman hidup sebagai hiasan di dalam ruangan membuat konsep ala hutan asri semakin terasa di dalamnya.

4. Menggunakan Karpet

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Sederhana
Sumber: hairsoutofplace.com

Selain mengunakan keramik untuk memperindah konsep dekorasi ruang tamu minimalis sederhana hunianmu. Karpet juga menjadi salah satu bahan pertimbangan sebagai tambahan. Penambahan karpet pada ruang tamu bertujuan untuk menambah kehangatan dengan karakteristik lembut ketika kita menginjak alasnya.

Banyak model dan macam karpet dengan berbeda motifnya, ada motif tribal, navajo, bunga, batik karpet bulu da lain sebagainya. Hal ini pasti membantu, untuk memadukan dengan warna ornamen di ruangan tamu rumahmu. Selain itu penambahan karpet menambah kesan mewah dan elegan.

5. Memanfaatkan Kayu Asli

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Sederhana
Sumber: luminlamphouse.com

Hal terahir yang mungkin bisa menjadi salah satu pilihan konsep pemakaian alas untuk ruang tamu adalah dengan mengunakan bahan kayu. Berbeda dengan sebelumnya yang mengunakan keramik motif kayu untuk mempercantik alas ruang tamu, ini mengunakan kayu asli. Dengan bahan papan di potong sesuai ukuran, dan di jajar garis lurus seimbang.

Penggunaan kayu asli bertujuan agar sentuhan karakter kayu yang lembut terasa pada saat menginjak ruangan. Kayu asli memberikan kesan tradisional dan nostalgia seperti jaman dahulu. Tetapi di beberapa bagian negara di eropa masih banyak yang menggunakan kayu asli sebagai lantai ruangan.

C. Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Sederhana Bagian Sudut Ruangan

 1. Rak Dnding Sebagai Tempat Ornamen dan Hiasan

Dekorasi Ruang Tamu Sederhana
Sumber: architecturaldigest.com

Rak dinding dalam ruangan tamu bertujuan untuk menambah kesan luas ruangan. Selain itu penggunaan rak pada dinding ruang tamu juga bertujuan untuk memfokuskan satu sudut sebagai tempat ornamen dan hiasan seperti foto, pot bunga serta berapa pernak-pernik lainnya. Rak dinding banyak bentuk dan macam tetapi bahan dasar kayu masih sering digunakan.

Bahan kayu adalah bahan yang gampang di buat dan di bentuk, serta penggunaan kayu akan lebih memberikan kesan klasik karena warna, motif dan tekstur aslinya. Jaman sekarang sudah banyak pilihan bahan seperti baja ringan, besi, aluminium yang sudah bisa di bentuk sebagai rak ruang tamu. Penggunaan bahan bes warna emas atau silver juga bisa menjadi salah satu pilihan.

2. Lampu Duduk Dan Berdiri Di Sudut Ruang Tamu

Dekorasi Ruang Tamu Sederhana
Sumber: homestratosphere.com

Penempatan lampu pada umumnya di gantung atau di tempelkan pada bagian plafon ruangan. Tetapi semakin majunya perkembangan dekorasi penempatan lampu bisa dengan duduk dan berdiri dalam sebuah ruangan. Dengan menambahkan alat dengan bentuk yang unik dan berbeda seperti pada umumnya.

Lampu duduk atau berdiri yang di tempatkan dalam sudut ruang tamu bertujuan agar tidak mudah tersentuh dan jatuh. Atau agar tidak mudah di jangkau oleh anak-anak karena aliran listrik yang membahayakan. Penggunaan lampu pada satu sudut ruangan juga untuk membuat ruangan lebih samar karena cahaya yang di keluarkan bisa di fokuskan.

3. Menempatkan Tanaman Berukuran Besar

Dekorasi Ruang Tamu Sederhana
Sumber: architecturaldigest.com

Jika ruang tamu di rumahmu dekat dengan jendela penambahan tanaman hijau dengan ukuran besar di dalamnya bisa menjadi pilihan. Karena ukuran yang cukup besar pastinya bisa mengganggu akses atau kenyamanan. Jadi tujuan menempatkan tanaman pada sudut ruangan bisa mempermudah akses ruangan dengan penataan yang baik dan benar.

Konsep seperti ini biasanya di pasang di ruang tamu dengan desain dekorasi suasana alam. Karena sudut sudut ruangan sulit untuk di hias dan sering terkesan kosong, maka akan menimbulkan space berlebih. Sudut ruangan yang tidak tersentuh kreatifitas sangat di sayangkan apalagi jika di ruang tamu kamu memiliki ukuran yang cukup kecil.

4. Sudut Ruang Tamu dengan 2 Bingkai Foto

Dekorasi Ruang Tamu Sederhana
Sumber: emilynetz.com

Menurut wikipedia Foto adalah gambar diam baik berwarna maupun hitam-putih yang dihasilkan oleh kamera yang merekam suatu objek atau kejadian atau keadaan pada suatu waktu tertentu. Penggunaan foto pada dekorasi ruang tamu minimalis sederhana banyak menjadi pilihan. Karena foto adalah salah satu cara untuk mengingat sekaligus membangkitkan kenangan.

5. Cermin Membuat Kesan Lebar Pada Ruangan

Dekorasi Ruang Tamu Sederhana
Sumber: modsy.com

Cermin adalah permukaan yang licin dan dapat menciptakan pantulan bayangan benda dengan sempurna. Dalam ruangan yang kecil seperti ruang tamu, cermin menjadi solusi hemat untuk membuat kesan ruangan menjadi lebih luas dengan memberikan ilusi. Cermin pada dinding yang berseberangan dengan jendela ruangan terlihat lebih luas hingga 10 kali lipat.

Fungsi cermin dipercaya dalam ilmu Feng Shui bisa membawa nilai positif bagi pemilik rumah, Menempatkan cermin di sekitar pintu masuk akan memberikan cahaya yang baik pada saat ada tamu berkunjung. Ruang Tamu dengan ukuran kecil, tambahkan meja, hiasan bunga, lampu dan cermin untuk membuat suasana lebih nyaman.

D. Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Sederhana Unik

1. Menggunakan Cat Lebih Dari Dua Warna

Dekorasi Ruang Tamu
Sumber: dressyourhome.in

Warna adalah salah satu cara untuk membuat ruangan lebih segar dan terawat. Penggunaan warna yang tepat juga di percaya bisa berpengaruh untuk psikologis seseorang serta memberikan perasaan yang nyaman. Warna cerah seperti merah, kuning, hijau, krem, biru masih banyak di jumpai untuk mempercantik ruang tamu.

Karena banyak orang yang kurang berani memadukan beberapa warna dalam suatu ruangan, satu warna cerah menjadi pilihan. Padahal memadukan beberapa warna juga bisa menjadi solusi. Warna yang tepat dengan perpaduan yang pas dapat menimbulkan kesan ceria serta unik dalam ruangan.

2. Motif Geometri Menjauhkan Rasa Bosan Dalam Ruangan

Dekorasi Ruang Tamu
Sumber: Pinterest.com

Interior geometris pada dekorasi desain dinding ruang tamu mampu membawa kesan santai dan memberi rasa hangat dan nyaman. Motif geometris juga mampu memberikan kesan suasana berbeda dan lebih istimewa. Geometris merupakan bentuk dan motif yang mengandung unsur garis, baik itu miring, persegi, lingkaran maupun bentuk-bentuk variasi lainnya.

Pola-pola tersebut dirancang berulang-ulang hingga membentuk kesatuan pola yang unik dan melahirkan nilai estetika yang indah. Kumpulan pola geometris merupakan jenis pola yang diturunkan secara matematis yang saat ini banyak digunakan di berbagai bidang. Meski berasal dari bidang matematika, pola geometris juga kerap digunakan pada arsitektur, fesyen hingga desain visual.

3. Memasang Kayu atau Motif Keramik Kayu

Dekorasi Ruang Tamu
Sumber: wallpaperboulevard.com

Jika kamu merindukan kesan hangat penuh kenyamanan pada ruang tamu rumahmu. Menggunakan dekorasi ruang tamu minimalis sederhana motif kayu bisa menjadi salah satu referensi. Karena motif kayu dari alam dengan warna coklat akan memberikan kesan yang kamu rindu hadir dalam ruang tamu rumahmu.

4. Dinding Dengan Motif Batu Alam

Dekorasi Ruang Tamu
Sumber: deavita.net

Batu dengan ukuran yang berbeda dengan karakteristik dan warna alami memberikan kesan unik dengan nilai estetik. Memakai batu berukuran beragam yang di susun di salah satu dinding ruangan adalah hal yang tidak biasa. Unik dan antik adalah kata yang mampu menggambarkan.

Dengan perpaduan warna coklat aksen kayu pada alas ruangan kesan kesegaran asri alam lebih hidup. Tentunya warna coklat yang elegan degan penuh kenyamanan yang di tawarkan. Perasaan tenang akan lebih terasa pada tamu yang berkunjung, sehingga betah dengan obrolan yang rileks dan perasaan santai.

5. Rak Dinding, Foto Atau Lukisan Sebagai Hiasan

Dekorasi Ruang Tamu
Sumber: stylishdekor.com

Hal terakhir pembahasan mengenai dekorasi ruang tamu minimalis sederhana adalah menggunakan rak kayu untuk memperindah ruangan. Karena penggunaan rak pada ruang tamu yang berukuran kecil akan memberi kesan lapang dan lebar. Tentunya penataan furniture seperti meja, kursi dan hiasan harus di sesuaikan untuk terasa lebih nyaman.

Itulah beberapa referensi dengan gambar untuk dekorasi ruang tamu minimalis sederhana. Baik dan buruknya tergantung kamu sebagai pembaca. Semoga salah satunya bisa jadi pemecah kebingungan menentukan dekorasi yang pantas sesuai dengan karakter yang kamu miliki.

Jangan bimbang untuk menentukan dekorasi ruang tamu minimalis sederhana di rumahmu. Karena kesederhanaan akan menimbulkan kreativitas yang tak terbatas. Untuk itu lebih berani menentukan apa yang kamu yakini dan inginkan.